Jumat, 06 Agustus 2010

cerbung >> Hasinuda In Love_Part 30

PART XXX: Alvin Berubah?
Alvin duduk diatas meja agni. Daritadi dia melihat agni murung terus. dia jadi takut kalo agni diem.
“ag, lo kok gak senyum senyum sih daritadi?” tanya alvin heran.
“elonya gak senyum juga, gue ikutan,” balas agni. Ia menggenggam tangan alvin. alvin menepuk-nepuk kepala agni pelan.
“nih, gue senyum ya, tapi lo ikutan senyum,” alvin memaksakan senyumnya.
“gak mau! Lo senyumnya maksa sih! Senyum tuh yang bener,” balas agni ketus.
“gak bisa ag, gue gak bisa senyum lagi, gak tau kenapa,” kata alvin menunduk. Dia juga bingung, kenapa dia jadi gak bisa senyum kayak biasa lagi. Senyumnya hanya tipis, tipis sekali, sekalipun dia memaksakan senyumnya, tetap tak bisa.
Agni menatap alvin. dia kangen dengan senyum alvin, bagaimanapun caranya, dia harus membuat alvin kembali seperti dulu. Agni menarik sebuah kursi. “duduk disini aja vin,” katanya. Alvin menurutinya.
“kepala lo masih sering sakit?” alvin menggeleng. Agni tahu alvin bohong. “kenapa sih vin, lo gak jujur sama gue? gue cewek lo vin, harusnya kalo lo kenapa-napa lo bilang ke gue,” kata agni khawatir.
Alvin menghela napas. Ia bersandar dan menutup mukanya dengan satu telapak tangannya. “gue gak tau ag, kenapa gue jadi berubah gini, gue jadi gak bisa senyum lagi, gue gak bisa manja lagi, gue gak bisa ketawa lagi, gue gak bisa manggil lo sayang lagi,” alvin berhenti sejenak. Agni menatapnya kasihan. Perih sekali melihat alvin jadi lemah begini. Dia jadi ingin menangis. Dia saja yang mendengarnya begitu tertekan, apalagi alvin, yang merasakannya.
“gue gak tau kenapa gue jadi lebih sensitif dan gampang marah sekarang, gue kenapa sih?!!” alvin ingin sekali mencabik-cabik hatinya kalau dia bisa. Kenapa ini semua jadi begitu menyiksa dirinya? Kenapa semuanya jadi begini? Apa yang terjadi padanya? Alvin mengepalkan kedua tangannya dan memukul meja keras-keras. Ia tidak bisa meluapkan semua emosinya. “gue pergi dulu ag,” katanya getir.
Agni menahan tangan alvin. “gue ikut,” katanya.
“gak usah, gue takut ngebahayain lo,” balas alvin dan segera berlari ke luar kelas. Agni mengejarnya. Ia penasaran dengan apa yang dilakukan alvin.
Alvin sampai di depan mobilnya. “lo mau kemana?” tanya agni, mengambil kunci mobil alvin dengan cepat.
“balikin, gue mau pergi dulu, ntar balik lagi, balikin,” alvin mengulurkan tangan meminta kunci mobilnya.
“kalo lo mau pergi, harus bareng gue!” agni menatap alvin tajam.
“yaudah, mana sini! masuk!” agni segera mengembalikan kunci mobil dan duduk disamping alvin.
“hhh.. gue mau ngebut, nanti lo kenapa-napa lagi,” katanya khawatir.
“gak papa, gue juga biasa ngebut, udah cepetan,” kata agni.
Alvin segera menjalankan mobilnya sampai ke gerbang. Mobilnya masih berjalan pelan sampai situ, tapi begitu sudah keluar, alvin langsung ngebut dengan kecepatan 200, gak mungkin dia ngebut banget kalo bawa agni. agni yang sudah biasa ngebut dengan kecepatan tinggi hanya biasa saja. Untung jalanan di sekolah mereka sepi, khusus untuk murid sekolah ini saja, makanya alvin ngebut pun tak masalah.
Alvin berhenti di suatu tempat. Tempat yang selalu ia datangi. Agni melihatnya kagum. “keren,” komentarnya. Alvin berjalan ke dataran yang dibuat tinggi, agni mengikutinya. Agni duduk disana, alvin meletakkan kepalanya di pangkuan agni. Ia menekuk satu kakinya, dan yang satunya diluruskan. Agni mengusap-usap rambut alvin, tangannya yang lain ia letakkan di dada alvin.
“gue biasa ngebut dan dateng kesini setiap gue lagi emosi, gak ada yang tau tempat ini selain lo dan gue. gue gak mau orang lain tau tempat ini, lo gak akan ngasihtau tempat ini kan?” tanya alvin. ia menatap agni. Agni mengangguk. Agni membiarkan alvin terus bercerita tentang dirinya.
Alvin memejamkan matanya. Agni tidak boleh melihat matanya disaat dia bercerita. Karna agni pasti akan merasakan pedih yang mendalam begitu menatap matanya. “gue dari dulu selalu manja, tapi sekarang, gue gak bisa, bahkan mood gue aja udah gak berubah-ubah lagi. Mood gue Cuma satu sekarang, selalu sendirian, gue gak mau, gue gak mau sendirian. Lo tau gue gak bisa jauh-jauh dari sentuhan, tapi mood gue selalu meminta gue buat sendiri, padahal kalo sendirian itu nyiksa gue, dan kalo gue gak nurutin mood gue, gue juga tersiksa,” ceritanya pelan.
Agni mengangkat kepalanya, tidak membiarkan bulir-bulir air mata di pelupuknya jatuh. Penderitaan batin alvin besar sekali, kalau dia jadi alvin, mungkin dia sudah mengakhiri hidupnya, daripada tersiksa sendiri seperti ini. tapi alvin, dia tidak melakukannya, dia tetap hidup, menahan semua penderitaannya.. sendirian.
“gue ngerasa diri gue sekarang berubah, jadi yang bahkan gue sendiri gak kenal. Gue jadi orang lain, bukan alvin. gue jadi sulit buat tersenyum, sulit buat ketawa, sulit buat ngerasain bahagia. Semua yang ada di sekitar gue jadi serba salah di mata gue, gak ada yang bener, gak ada yang indah, gak ada yang manis, semuanya pahit, semuanya ngebuat gue takut,” alvin merasakan setetes air jatuh ke tangannya.
Alvin membuka matanya. Agni menangis, meskipun tak bersuara. Alvin mendudukkan dirinya di samping agni, menyandarkan kepala agni ke bahunya. Agni memeluk lengan alvin. alvin mengelus pipi agni. “jangan nangis dong, gue yang cerita kenapa lo yang nangis? Masa agni nangis sih?” canda alvin. namun tetap saja, meskipun alvin bercanda, nada suaranya begitu menusuk. Sekarang agni merasakan, semua yang ada di alvin sudah berubah jauh, sorot matanya, senyumnya, suaranya, jadi seperti orang yang sedang berduka. Agni menghapus air matanya. Ia menunggu alvin melanjutkan.
Alvin menatap lurus ke depan. “gue bahkan gak bisa ngerasain sayang lagi, gue jadi ragu dengan semua orang di deket gue, apa dia masih sayang sama gue atau gak, dia masih peduli sama gue atau gak. Gue bahkan udah gak bisa ngerasain lagi yang namanya cinta, gue jadi ngerasa jauh banget sama lo, sekalipun lo ada di deket gue. gue gak bisa manggil lo sayang lagi, gak bisa manjain lo lagi, gak bisa buat lo senyum lagi. Padahal, dulu gue yakin, kalo gue pantes buat lo, gue akan selalu bisa ngejagain lo, ngelindungin lo, bikin lo senyum setiap hari, ngisi hari lo, manjain lo, buat lo seneng. Tapi sekarang, gue gak bisa ngelakuin itu,” alvin melihat agni dari sudut matanya, agni terus menatapnya.
“lo liat, gue mungkin masih bisa ngejagain lo dan ngelindungin lo, tapi gue udah gak bisa bikin lo senyum, gue gak bisa manjain lo, gue gak bisa buat lo seneng. Gue emang gak berguna jadi cowok lo, lo berhak dapetin yang jauh lebih baik dari gue,” agni mengarahkan wajah alvin menghadap dirinya.
“gak vin, lo yang terbaik buat gue, gak akan ada yang bisa gantiin lo, Cuma lo satu-satunya,” agni mencoba meyakinkan alvin. alvin tersenyum getir.
“gue gak tau kenapa sekarang gue jadi emosian, gue cepet marah, cepet tersinggung, cepet jealous. Padahal hal yang bikin gue emosi itu Cuma hal-hal sepele. Gue bener-bener gak kenal diri gue sendiri. Kenapa gue bisa kayak gini? apa yang udah gue lakuin sampe gue berubah gini? apa salah gue?” alvin menghela napas.
“gue ngaku, gue sering sakit kepala lagi sekarang, gue gak mau minum obatnya. Hidup gue gak bergantung sama obat itu kan?”
“tapi kalo lo gak minum obatnya lo bisa kesakitan vin, gue gak mau liat lo kayak gitu,” agni mengusap-usap telapak tangan alvin, memberikan sentuhannya, agar alvin membalas sentuhannya. Namun alvin benar-benar kaku sekarang, dia sama sekali tidak meresponnya.
“gue ngiri ngeliat iel sama dea, yang sering bercanda, gue ngiri ngeliat rio sama shilla yang selalu mesra, gue juga ngiri ngeliat cakka sama ify yang akur terus, sedangkan gue, gue bisa ngasih apa ke lo? yang ada kita berantem terus, gue gak bisa bikin lo seneng. Mendingan lo sama ray aja deh, yang gue yakin bisa bahagiain lo.”
Agni menatap alvin tidak percaya. Sebegitu tidak percayakah alvin pada dirinya sendiri? Bukankah alvin yang selalu memberikannya perhatian? Yang slalu membuatnya merasa berarti dan dipedulikan? Kenapa alvin jadi benar-benar lemah seperti ini, merelakan semua yang dimilikinya?
“udah yuk, pulang, udah sore,” alvin meraih tangan agni dan membawanya ke mobil.
“jangan kasihtau siapa-siapa ya gue cerita kayak tadi? Terutama ke rio, iel, sama cakka, bilang aja gue gak kenapa-napa,” pesan alvin. agni mengangguk.
***
@SMA AS-Lapangan Basket
“bisa gak sih lo gak keganjenan sama cewek kita?!” cakka mendorong ray ke dinding dan mengangkat kerah bajunya.
“keganjenan? Bukannya cewek lo yang deket-deket sama gue?!” kata ray setengah berteriak.
“sialan lo! kalo berani, gue tantangin lo besok adu maen musik jam istirahat pertama! Siapa yang bisa ngalahin kita?!” tantang cakka.
“oke! Kita buktiin, siapa yang menang! Kalo gue menang, gue boleh ngambil hati cewek lo!” ray tidak mau kalah. Capek dia kalo harus disinisin terus sama mereka.
“heh! Kita itu cowoknya! Seenaknya aja mau ngambil hati cewek kita!” seru rio.
Ray mendengus. “gue pastiin, gue bakal menang! Dan jangan heran kalo cewek lo pada deket sama gue!” ray tersenyum meremehkan ke arah ketiganya.
“kurang ajar!” iel meninju muka ray. Ray mendorong cakka dan membalas pukulan iel. mereka berempat saling memukul. Tentu saja, ray kalah, dia sendirian, mereka bertiga.
***
@Rumah Agni
“ag! Tadi lo kemana? Kok kabur dari sekolah? Terus mata lo kenapa? lo abis nangis ya?” tanya shilla beruntun.
Agni hanya tersenyum. “gue gak papa kok, tadi gue pergi sama alvin,” jawabnya. Ia lalu meninggalkan mereka, masuk ke kamarnya.
Shilla, dea, dan ify menatap alvin meminta jawaban. namun mereka merasakan perbedaan dalam tatapan alvin. tatapan yang begitu menyedihkan.
“kak! lo abis apain si agni? Dia nangis kan? lo apain?!” tanya dea emosi.
“sabar de, kak alvin gak mungkin ngapa-ngapain agni,” ify berusaha menenangkan dea.
“gak gue apa-apain kok, gue balik ya,” alvin meninggalkan ketiganya. lagi-lagi ketiga cewek itu merasakan ada yang aneh dengan alvin, nada ucapannya pun terdengar begitu sedih.
“kak alvin kenapa? kok jadi gitu?” tanya shilla bingung. Dea dan ify hanya mengangkat bahu.
Tiba-tiba pintu menjeblak terbuka. mereka bertiga menghampirinya. “RAY!!” seru mereka bertiga panik. Ray mencoba tetap berdiri dengan meletakkan tangannya di pintu, sebagai penahan beban tubuhnya.
“lo abis berantem sama siapa?! Ampe babak belur gini?” tanya ify khawatir.
“iel, rio, sama cakka,” ketiganya berpandangan dan langsung meninggalkan ray. Mereka berlari ke rumah hasinuda mengecek keadaan cowok-cowok mereka.
Disana, sudah ada alvin dan zahra yang membantu mengobati luka mereka. “iel! sini kak, biar gue aja!” alvin memberikan obat dan kapasnya ke dea.
“rio.. ya ampun, ampe biru gini, sini zah,” zahra memberikan handuk kecil kepada shilla.
“cakka, lo ngapain berantem gini sih? Bikin gue khawatir aja tau gak!” ify mengobati luka-luka cakka. Cakka hanya tersenyum.
Alvin mengajak zahra ke rumah agni, dia tahu, pasti ray lebih parah lagi. Benar saja, ray terduduk lemas di sofa, agni sepertinya tertidur maka tidak tahu ray begini.
Alvin segera mengambil obat, handuk kecil dan sebaskom air. Zahra mengobati ray. Alvin berjalan ke kamar agni, agni sedang tertidur, sepertinya dia kecapekan.
Alvin membenarkan posisi agni dan menyelimutinya. Ia mengelus pipi agni. Dia kasihan pada agni, memiliki dirinya yang tidak berguna ini.
***
Seluruh murid berkumpul di tengah lobby. Drum, biola, gitar, dan piano ada di tengah-tengah mereka. Inilah tantangan dari cakka ke ray. Ray harus melawan mereka satu-satu.
Iel yang pertama, selanjutnya rio, lalu alvin, kemudian cakka. Iel sedang bersiap. Zevana menghampiri iel dan menepuk bahunya. “kak! sebagai sesama drummer, gue kasihtau aja deh, lo jangan ngeremehin ray! Dia tuh hebat banget! jauh lebih hebat dari lo!”
“lo mau ngejatohin mental gue?!” tanyanya ketus.
“lo gak tau sih kak! dia itu..” belum selesai zevana mengucapkannya, iel sudah menyelanya.
“dia itu pasti kalah sama gue! percaya deh!” iel kemudian bersiap dengan drumnya. Di pojok yang satunya, ray juga sudah bersiap dengan senyum meremehkan.
Mereka saling memukul drum di hadapannya. Semua diam, kagum mendengarkan permainan mereka. Terlebih kepada ray, iel saja sampai tidak bisa berkata-kata mendengar permainan ray. Keren banget. susah banget.
Semua menilai dengan objektif, ray yang menang. Ray mengangkat sebelah alisnya ke iel. iel tidak menghiraukannya.
“tuh kan kak! udah gue bilang! Dia tuh best drummer se-asia! Yang pasti ngalahin lo! lo kan Cuma se-asean,” remeh zevana.
“woy ze! Gitu-gitu cowok gue nih! Jangan diremehin dong! Tadi dia juga keren banget!” seru dea membela iel.
“maaf ya gue kalah,” kata iel kecewa. Dea tersenyum.
“gak papa kok yel, tadi tuh keren banget!” puji dea. Iel mengacak-acak rambut dea.
Giliran sang violis yang beraksi. Rio memainkan biolanya dengan banyak improvisasi, membuat semua dibuat speechless ngedengernya. Tapi ray, dia menggunakan improvisasi yang jauh lebih sulit, membuat seisi ruangan menggeleng-gelengkan kepala takjub.
Ray menang lagi. Dia tersenyum puas.
“rio! kamu tadi bagus kok mainnya, aku sampe speechless dengerinnya,” puji shilla. Rio hanya tersenyum.
Alvin dan ray, keduanya sudah memangku gitar. Alvin sebenarnya malas harus bertanding dengan ray, tapi karna dia disuruh, ya udahlah. Ray memainkan nada-nada ceria dari petikan senarnya, membuat semua bergoyang-goyang mengikutinya. Sedangkan alvin, dia memainkan nada-nada duka dari petikannya, membuat semua diam, terhanyut dalam kesedihan yang mendera.
Semua memutuskan, mereka setara, keduanya bermain dengan sangat baik. alvin menghampiri ray dan menepuk bahunya.
“tadi mainan lo bagus!” ia mencoba tersenyum.
“lo juga! Dalem banget nadanya,” balas ray.
Terakhir, cakka dan ray, sudah duduk di depan piano mereka. Ray menekan tuts-tuts dengan ritme yang sulit, membuat semua menganga melihatnya. Sedangkan cakka, dia lebih memilih ritme yang simpel namun dengan dentingan yang sangat menyentuh. Semua cewek melting dengan permainan cakka. Dengan ini, cakka memenangkannya.
“cakka!!! Keren banget lo tadi! Gak pernah bosen gue ngeliat lo main piano!” seru ify. cakka mencubit pipi ify.
“ya gak boleh bosen dong! Kalo lo bosen ngeliatnya, berarti lo bosen juga sama gue! kan kita diktadirin bersatu,” kata cakka. Ify hanya tersenyum mendengarnya.
Keenamnya menatap alvin dan agni, yang sedaritadi hanya berdua, tidak berbaur dengan yang lain, dan juga, keduanya sama sekali tidak tersenyum seperti biasanya, keduanya seperti menjauh dari mereka. Raut wajah alvin menampakkan kesedihan, sedangkan agni menunjukkan kekhawatiran.
Mereka ingin menghampirinya, namun melihat ray datang ke arah mereka berdua, dan alvin meninggalkan agni berdua dengan ray membuat mereka bingung. Alvin hanya menatapi agni dari jauh.
“gue kok ngerasanya ada yang aneh sama kak alvin ya? Ada yang kurang gitu,” celetuk ify.
“apa?” tanya cakka.
“senyum! Ya, senyum manis kak alvin! kak alvin gak senyumin kita lagi!” seru shilla.
“lo maunya alvin senyumin lo gitu?!” balas rio cemburu.
“bukan itu, gue lagi gak mau ngurusin cemburu lo dulu ya! Kayaknya gue liat kak alvin udah gak pernah senyum manis lagi, kayak waktu itu,” shilla mengenang saat alvin menggoda mereka bertiga dan tersenyum manis.
“kak alvin berubah,” dea tidak melepaskan pandangannya dari alvin.
“apa yang berubah?” iel ingin tahu, dia slalu merasa ada yang aneh dengan alvin, tapi dia tidak tahu apa.
“kak alvin jadi murung terus, dia gak senyum kayak dulu, tapi gak dingin juga kayak dulu, dia jadi sedih mulu, masa lo bertiga gak nyadar sih, nada kak alvin aja berubah,” balas dea.
Mereka bertiga baru menyadarinya. Ternyata itu jawaban yang mereka cari selama ini.
“kok lo bertiga bisa tau sih? Kita aja kembarannya gak nyadarin,” tanya cakka heran.
“payah lo semua! Pesona kak alvin tuh nyebar kemana-mana, kalo dia berubah juga langsung keliatan dari auranya!” kata ify.
“lo tau cara biar dia kayak dulu lagi?” tanya rio.
“ada! Bikin dia seneng! Apa yang bisa bikin dia seneng?” tanya shilla.
“lo mau bantuin atau emang mau tau?” tanya rio.
“ya mau bantuin lah! rio, jangan nethink mulu dong!”
“gue kan takut lo suka sama dia!”
“tapi gak gitu caranya!”
“terus gimana? Hah?! Salah gitu gue jealous?”
“ahh! Capek gue berantemin masalah gitu mulu, jadi apa nih yang bikin kak alvin seneng?”
“gak tau,” kata rio sambil menggaruk-garuk kepalanya yang tidak gatal.
“huuu!” seru shilla.
“makanan yang manis,” kata zahra tiba-tiba dari belakang. Semua menengok ke belakang.
“oh iya!” cakka menepuk keningnya. “pinter lo zah,” ia mencubit pipi zahra pelan. Ify berdeham.
“jangan gitu donk fy, gue kan gak suka sama zahra,” cakka menoel dagu ify.
“iya, gak suka, tapi sayang!” balasnya jutek.
“kan sayang gue Cuma buat elo fy,” rayu cakka. Ify tersenyum paksa.
“jadi gimana nih? Mau bikinin alvin makanan manis?” tanya iel.
“kita liat dulu aja sikap alvin seminggu ini,” saran rio. yang lain hanya diam, berarti setuju.
***
@Rumah Agni
“gimana maenan gue tadi? Bagus kan?” tanya ray. Shilla, ify, dea, dan agni mengangguk.
“keren ray!” seru shilla sambil mengacungkan ibu jarinya. Ray tersenyum. Ia melihat agni. Agni sedaritadi hanya diam, entah apa yang dipikirkannya.
“ag!” panggil ray. Agni tidak menjawab, ia tidak mendengarnya. “agni!” panggil ray lagi sambil menepuk bahunya.
“oh.. iya, kenapa ray?” tanyanya bingung.
“lo jadi gak fokus mulu sekarang, gak seneng ya gue balik?” tanya ray kecewa.
“gak kok! Gue lagi ada sedikit problem aja,” balas agni sambil tersenyum.
“cerita dong, kali-kali gue bisa bantu gitu,” bujuk ray.
“gak ah, males,” balas agni asal. Dia jadi kangen terus sama alvin sejak alvin berubah.
“ag, kak alvin berubah ya?” tanya ify penasaran.
“hah? Berubah? Enggak kok, biasa aja,” jawab agni setengah kaget. dia gak mau yang lain tau kalo alvin berubah.
“kok kita ngerasanya beda ya?” selidik dea.
“apanya yang beda? Sama aja ah!”
“semuanya tau, beda banget gitu, masa lo gak nyadar sih? Lo kan ceweknya!” shilla makin penasaran aja sama agni.
“emang gak ada yang beda kok! Udah ah! Gue mau ke alvin dulu!” agni menyudah acara tanya-jawab mereka. Lalu berlalu menemui alvin.
***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar